5 Hal untuk Newbie Solotrip

Seminggu kemarin saya sangat sibuk! sibuk jalan-jalan (hahaha). Seminggu yang dihabiskan untuk berjalan-jalan, bertemu teman lama di kota lain, berkunjung sana sini dan berisitirahat sejenak dari segala rutinitas. Padahal saya jarang punya aktivitas yang benar-benar rutin namun tetap saja saya butuh liburan. Liburan kali ini sedikit berbeda dari liburan saya sebelum-sebelumnya. Hal yang menjadi pembeda adalah kali ini saya harus belibur sendiri, merencanakan dan mengurus segala hal sendiri. Namun, ternyata tanpa disadari banyak hal yang membuat perencanaan saya kurang baik, akibat terlalu sering bergantung dengan orang lain. Jadi, untuk kamu yang juga ingin bersolo trip bisa cek ricek 5 hal berikut

Telepon genggam dan teman-teman

Siapapun juga bisa menaksir seberapa penting telepon genggam untuk kehidupan sehari-hari. Namun, saya akhirnya menyadari fungsi telepon genggam menjadi dua kali lipat ketika sedang bertravelling. Pastikan telepon genggam selalu di genggaman kamu (tsah), karena ternyata barang satu ini fungsinya sangat banyak saat berjalan-jalan. Beberapa fungsi yang saya maksud seperti melihat jam (hahaha), memantau lokasi, dan tentu saja berkomunikasi dengan teman janjian. Salah satu fungsi telepon genggam yang sangat saya rasakan saat bersolotrip adalah memesan transportasi. Pernah suatu kali ketika sedang berjalan-jalan sendirian, saya ingin pulang dan baru tersadar baterai handphone sekarat, jadilah saya tidak bisa memesan ojek online yang buntutnya harus memanggil taksi (mahal sist). Selain telepon genggam, sebaiknya sediakan selalu powerbank untuk jaga-jaga kehabisan daya baterai dan juga headset untuk mengatasi kejenuhan dalam perjalanan.

Penginapan

Ya iyalah ini penting sekali saudara-saudara. Pernah merasakan tidur di stasiun akibat salah komunikasi dengan penginapan membuat saya selalu cek ricek soal penginapan. Apalagi saat merencanakan perjalanan sendiri, kepastian penginapan saat penting. Dalam perjalanan kali ini, saya menginap di rumah seorang teman yang kuliah di kota tersebut. Beruntungnya, karena rumah beliau tidak jauh dari pusat kota sehingga sangat memudahkan untuk mengunjungi banyak tempat sekaligus. Jikapun tidak bisa mencari tempat dengan akses yang bagus, pastikan tempat tersebut mudah diakses kendaraan, dan tidak terlalu jauh dari kendaraan umum. Selain itu, kalau berencana menumpang di tempat orang (seperti saya) pastikan untuk ramah, tahu diri (hehe) dan selalu bertanya segala hal terhadap teman yang ditumpangi.

Barang Bawaan 

Bukan hanya penginapan yang butuh perencanaan lebih. Satu hal yang kadang terlupa adalah perencanaan barang bawaan. Solotrip atau tidak, saya selalu melakukan perencanaan terhadap pakaian yang saya bawa, dipakai hari apa, kemana dan pasangannya satu sama lain. Selain pakaian, barang-barang lainnya juga harus direncanakan dengan baik. Misalnya kalau mau ke pantai bawa topi pantai dan kacamata hitam, kalau mau ada rencana ke pesta bawa pakaian pesta, mau ke KUA bawa pasangan *eh.

Selain perencanaan barang yang ingin dipakai, yang namanya travelling tentu akan beli ini dan itu dong. Untuk menghindari over bagasi, sediakan ruang di tas untuk bawa oleh-oleh dan bawalah barang seperlunya saja saat berangkat.

Perencanaan Kunjungan

Tiket sudah di book, penginapan oke, saatnya membuat list untuk tempat-tempat yang akan dikunjungi. Ternyata menyenangkan ya melalukan perencanaan sendiri, membuat rute perjalanan, dan memeriksa tempat-tempat yang kemungkinan akan dikunjungi. Sangat penting untuk tahu terlebih dahulu tempat-tempat yang akan dikunjungi, rute menuju lokasi tersebut dan budgeting. Jangan lupa untuk menyiapkan waktu bertemu dengan teman yang mungkin akan dikunjungi. Perencanaan rute juga penting menurut saya, ini setelah mengalami langsung yang namanya gagal fokus. Suatu kali di Bandung saya berencana mengunjungi jl.Braga pada hari senin dan mengunjungi jl.Asia Afrika besoknya. Baru setelah berjalan jauh saya sadar ternyata dua jalan ini bersebrangan.

Catat dan Foto

Buku dan kamera adalah dua item wajib bagi saya saat bepergian. Buku catatan dan buku bacaan, untuk buku bacaan sendiri lebih sering berakhir sebagai bahan foto-foto (hahaha). Tapi buku catatan untuk apa? sekadar saran, sebaiknya catat rincian perjalanan kamu selama berlibur. Catat per hari saja, rincian singkat tentang tempat dan makan apa. Saya sendiri pada solotrip kemarin memutuskan untuk mencatat pengeluaran selama travelling berikut nota-nota pengeluaran. Hal ini sekaligus memudahkan untuk melihat jenis pengeluaran apa yang cenderung lebih besar dan sebagai kenangan serta pelajaran untuk next solotrip.

Selain buku catatan, tentu saja penting untuk membawa kamera dan alat untuk mencadangkan data. Karena bersolo trip, jadi jangan pernah malu memakai timer untuk kamera yang kamu gunakan atau jangan sungkan untuk meminta tolong orang lain untuk mengambil foto kamu.

Itu tadi 5 hal yang perlu diketahui untuk kamu yang ingin bersolo trip, kalau sudah tahu saya sekadar mengingatkan saja. Melakukan perjalanan sendiri jauh lebih menyenangkan bagi saya, meskipun mengalami beberapa kendala, namun solotrip mengajarkan kita untuk jauh lebih mandiri dan belajar hidup sendiri (Lah). Meskipun melakukan segala hal sendiri, sebenarnya saya tidak benar-benar sendiri. Selalu ada orang baik yang rela menolong saya, alam selalu bekerja sama, Tuhan selalu menyiapkan hal-hal baik bahkan dalam kemasan buruk sekalipun. Semoga infonya bermanfaat, kalau ada tambahan silakan drop di komentar yah. Happy holiday 🙂

 

Tulisan diikutkan dalam #tantangan5 #KMkepo

7 thoughts on “5 Hal untuk Newbie Solotrip

  1. Saya juga pernah melakukan solo trip. Ke Aceh, Palembang, dan Jogya. Tanpa ada kenalan di sana. Sampai di sana, baru berkenalan dengan orang baru. Ketiganya tidak merencanakan spot yang mau dikunjungi. Trip apaan tuh. Tiba di kota tujuan, baru searching dan nanya-nanya.

  2. saya lebih sering bersolo trip sekarang, tapi semua akomodasi, transportasi dan bahkan makanan sudah diaturkan. saya tinggal bawa tas dan diri saja

    trip macam apa itu? x)))

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *