Mereka Menyebut Saya Aneh Karena 5 Hal Ini

“You are terrifying and strange and beautiful. Something not everyone knows how to love.”

–someone

Setiap orang (mungkin) punya kebiasaan atau hal-hal lain yang menjadikan ia disebut aneh. Dalam KBBI, aneh /anéh/ a tidak seperti yang biasa kita lihat (dengar dan sebagainya); ajaib; ganjil: memang — kalau ada kambing berkepala dua;. Ada beberapa hal atau kebiasaan saya yang membuat orang sering menyebut saya aneh. Lalu apa perbedaa unik dan aneh? Saya tidak tahu sih (hahaha). Setelah mencari tahu dengan membaca yahoo answer orang dengan pertanyaan yang sama saya menemukan jawaban seperti ini

unik itu artinya berbeda dengan yg lain, tidak ada satupun yg sama dengannya. Kalo aneh, berarti janggal, tidak dalam keadaan sewajarnya dan bisa saja punya banyaj kesamaan dengan hal aneh2 yg lainnya.

eL-niNo · 4 tahun yang lalu

Dan jawaban seperti ini

sebenarnya sama sih tapi unik itu lebih ke positif sedangkan aneh itu konotasinya negatif

GR8U· 4 tahun yang lalu

Setelah scroll ke bawah, jawaban semakin merujuk kepada unik berkonotasi positif dan aneh berkonotasi negatif. Sebagai seseorang yang sering disebut aneh, saya keberatan ih. Masalahnya adalah setiap orang yang melihat kebiasaan ini lebih berkata “wah kamu aneh”, bukan “wah, kamu unik”. Namun, benarkah saya aneh dengan 5 hal-hal ini?

Kolektor Cricket

Saya menyebut diri saya kolektor, tema-teman saya lebih sering menyebut saya pencuri (omaigad). Ya, saya senang mengumpulkan korek api jenis cricket dan zippo (ini susah haha). Saat sedang berkumpul dengan teman-teman pria, saya sering meilirik cricket yang mereka bawa dan mengambil satu atau dua yang diletakkan di meja. Sering setelah saya ambil dan mereka mencari, saya akan mengakui dan meminta baik-baik. Kalau mereka tak sadar hingga kami berpisah, saya akan mengirimkan pesan bahwa saya mengambil cricket miliknya. Untuk hal ini saya akan mengembalikan kalau empunya berkeberatan. Untuk apa mengumpulkan cricket? Saya juga bingung untuk apa, pokoknya saya suka.

Soal Makanan

Kelihatannya sih saya hobi makan, tapi itu cuma kelihatannya. Honestly saya bermasalah dengan yang namanya menghabiskan makanan. Saya sering menyisa makanan (sedih). Makanya saya lebih suka makanan yang tidak diatur porsinya, supaya saya tidak harus menyisa. Sering sekali saya merepotkan teman makan dengan meminta bantuan untuk menghabiskan makanan. Contohnya mie instan, kalau orang biasanya meminta dengan dua porsi mie, saya saja dengan satu porsi sudah sangat kekenyangan.  Kalau ada yang punya cara supaya saya bisa rajin makan, beritahu di komentar yah 🙂

Hello kitty dan Sepatu kets

Saya pernah bertengkar kecil dengan seorang teman, dia berkata seperti ini “kamu aneh sudah besar begini masih suka sama beginian” sambil melempar bantal kepala bentuk hello kitty. Okey, saya memang penyuka segala jenis barang hello kitty dan sering khilaf dalam membeli pernak-pernik hello kitty. Menurut saya ini bukan hal yag aneh sih, beberapa orang dewasa juga melakukan hal yang sama namun pada karakter animasi yang berbeda seperti doraemon, winnie the pooh dan lain-lain. Namun, salah satu pendukung mengapa saya sering disebut aneh dengan kesukaan yang sedikit girlie ini adalah penampilan secara fisik yang jauh dari kata girlie atau feminin –meskipun sekarang saya sedang berusaha berpenampilan selayaknya wanita pada umumnya (hahaha)–.

Sebagai perempuan yang sehari-hari memakai sepatu kets, lebih sering memakai kemeja flanel, dan kaki sering naik ke sofa saat duduk (yaampun), sangat tidak sesuai penampilan seperti ini membawa-bawa boneka hello kitty. Meskipun tidak selalu membawa barang-barang hello kitty, saya sering kelepasan saling rebutan barang dengan sesama penyuka hello kitty lainnya yang sering membuat orang yang melihat menggeleng heran.

Aroma

Aroma roti yang masih dipanggang atau yang baru keluar dari pemanggangan mungkin menjadi salah satu aroma yang banyak orang sukai, iya gak sih? Saya malah sebaliknya saudara-saudara, saya tidak begitu suka aroma roti dan sejenisnya. Kalau orang biasanya akan senang dan betah saat memasuki toko roti yang aromanya sedap, saya justru tidak begitu menikmatinya. Kadang, jika sudah agak lama menghirup aromanya, saya akan merasa mual atau migrain. Sebaliknya, saya justru sangat menikmati bau bensin dan minyak tanah (haha).

Kebiasaan Makan

Membahas soal makanan memang susah habisnya. Jadi, ada beberapa kebiasaan yang membuat saya disebut aneh. Misalnya, dulu saya sama sekali tidak suka mayonaise namun setelah sering makan bareng dengan seorang teman yang sangat hobi makan, nuralmarwah.com (hahaha) saya jadi ketagihan makan mayonaise. Saking ketagihannya, semua makanan sering mau saya coba pakai mayonaise. Sampai saat ini, setiap makan mie goreng atau mie rebus saya selalu ingin menambahkan mayonaise (silakan dicoba siapa tahu suka, siapa tau jodoh). Saya masih sering mencoba menambahkan mayonaise di setiap makanan yang baru saya coba.

Kebiasaan lain yang sedikit aneh adalah saya tidak suka memegang jeruk nipis. Jadi setiap ingin makan sesuatu yang pakai jeruk nipis saya harus minta bala bantuan orang lain untuk memeras jeruknya atau saya tidak akan menyentuh sama sekali jeruk tersebut. Alasannya adalah bau jeruk itu sendiri. Jika sudah menyentuh jeruknya, saya kadang merasa baunya menempel sampai berhari-hari (lebayyy). Pokoknya bau jeruk yang menempel di tangan sangat tidak enak menurut penciuman saya.

Demikian 5 hal yang membuat orang-orang sering menyebut saya aneh. Beberapa hal masih terhitung wajar meskipun ya memang sedikit aneh. Namun soal positif atau negatif sangat relatif. Adapun segala kebiasaan yang sifatnya mendekati negatif berusaha untuk diperbaiki agar tidak merugikan diri sendiri maupun orang lain (hihiyy). Tapi sebenarnya beberapa hal yang membuat seseorang disebut aneh menjadi salah satu kebiasaan yang sulit dilupakan. Misalnya, karena banyak teman yang tahu soal kesukaan saya dengan hello kitty, beberapa dari mereka selalu mengingat saya jika melihat salah satu karakter animasi tersebut. Jadi saya aneh gak sih?

8 thoughts on “Mereka Menyebut Saya Aneh Karena 5 Hal Ini

  1. Poin 1 sebenarnya jangan dibiarkan berlarut-larut, karena itu bkn aneh atau unik, malah gejala2 (maaf) klepto. Mdh2an bukanji iya.

    Ihihi

    1. iyaaaa.. teman-eman juga sering tegur dan sekarang sih mulai jarang juga. soalnya orang sudah tau saya mau ambil jadi disembunyikan memang hahaha

  2. Tooos bau bensin memang syedep ye, tapi bau roti yang masih anget2 juga syedep sih (aelah emang segala doyan aja ini mah) hahaha. Aku juga makan kadang suka gak diabisin, tapi kalau lagi abis yaaa abis sih. Cuma suka sedih gitu yakan kalau pas lagi kenyang dan ga abis huhuhu, sedih banget sih engga yaaa, cuma ngerasa dosa terus berharap ada yang ngabisin makanannya wkkkk. Apalagi aku hobi nyicip, jadi ada makanan baru dan aku gak pengen makannya, aku cuma icip doang segigit, sisanya didiemin. Itu mengganggu banget kata orang2 hahahahaha. Ya ampoon, manusya ya dasar -___-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *