Lethologica, sulitnya mengingat kata

Saya terganggu dengan banyak hal belakangan ini. Nafsu makan yang sering bermasalah, kebiasaan buruk di media sosial, dan salah satu yang paling mengganggu adalah kesulitan mengingat sesuatu. Awalnya saya merasa wajar-wajar saja, toh melupakan bukan sesuatu yang berbahaya malah kadang perlu (behik). Namun, perasaan gampang melupakan jadi sangat mengganggu karena salah satu pekerjaan saya sebagai penyiar radio dan kesuliatan saat mengobrol dengan orang lain.

Seberapa parah sih?

Melupakan menjadi sangat menyebalkan ketika sesuatu yang dilupakan adalah kata yang sering digunakan, nama tempat yang sebenarnya beberapa kali dikunjungi, bahkan alur sebuah kejadian. Contohnya saat saya on air di radio memberikan informasi prakiraan cuaca, tertulis 29°C dimana saya harusnya menyebut angka tersebut sebagai suhu, tapi anehnya saya tiba-tiba lupa istilah suhu dan sangat sebal karena berusaha mengingat namun tetap lupa. Hal tersebut terjadi berulang kali pada banyak kata yang lain.

Pada waktu yang lain, saya bertemu dengan seorang teman. Kami mengobrol, tiba-tiba dia bertanya tentang keikutsertaan saya di sebuah acara. Saya tentu masih ingat karena acaranya berlangsung minggu lalu dan saya hadir penuh di acara tersebut. Tapi saya kemudian menjelaskan dengan patah-patah, kesulitan mengingat istilah penggolongan kategori (sampai sekarang saya lupa namanya) dan bercerita dengan alur yang meloncat-loncat. Teman saya sampai menegur “Tunggu Tar, kamu kurang fokus ih.. coba diulang”.

Lethologica istilahnya!

Lethologica adalah sebuah istilah teknis saat kita melupakan kata-kata yang sebenarnya mudah diucapkan, namun seakan hilang dari memori kita. Lethologica merupakan gangguan psikologis yang menghambat kemampuan individu untuk mengartikulasikan atau pikirannya secara sementara melupakan kata-kata kunci, frasa atau nama dalam percakapan. Atau lupa terhadap sesuatu yang baru saja kita ingat. Saya berasumsi bahwa istilah ini sedang saya alami sekarang.

Bagaimana lethologica bisa terjadi?

Lehologica terjadi kepada seseorang dengan otak yang tidak bisa merespon keinginan untuk mengeluarkan data berupa kata-kata yang ingin kita ucapkan sehingga seringkali kita justru kebingungan untuk mengucapkan suatu kata layaknya benar-benar lupa padahal terasa sangat akrab dan sering diucapkan.

Keparahan penyakit Lethologica di antara penderita adalah bergantung pada berbagai faktor termasuk stres, kebugaran fisik, basis interaksi sosial dan kapasitas memori. Dengan demikian dapat digolongkan sebagai penyakit gaya hidup yang juga dipengaruhi oleh ciri kepribadian individu

Sebagai penyiar radio, ada beberapa kosa kata yang paling sering saya ucapkan karena merupakan segmen wajib saat on air namun pada sebuah kesempatan jadi terlupa istilahnya. Menurut artikel yang saya baca, hal ini disebabkan karena pikiran kira membuat asosiasi dan pola yang saling berhubungan. Kemampuan kita mengingat kata bergantung pada keterhubungan pola yang dibuat oleh otak untuk menghasilkan kata-kata. Penyebab lain, karena begitu banyak kata yang tersimpan dalam otak, kita kesulitan untuk mengingatnya dalam waktu singkat

Saya sering gemas kalau sedang brideging saat menyiar dan kehilangan kosa kata. Apalagi jika sedang mengobrol dan tiba-tiba lupa sebuah istilah atau kata yang ingin diungkapkan. Penelitian sekarang mengidentifikasi lethologica sebagai penyakit sangat lazim, tetapi juga sangat bervariasi dalam tingkat keparahan manifestasi. Menurut American Psychiatric Association, “9 dari 10 orang Barat akan menderita beberapa bentuk Lethologica selama hidup mereka.”

Meskipun bukan sesuatu yang besar namun keadaan ini sangat sering mengganggu aktivitas. Agar tidak mengalami juga, jagalah kondisi psikis jangan sampai stres berlebih, kebugaran kondisi fisik (iya saya malas olahraga _-_), dan selalu fokus saat melakukan suatu hal. Ya, semoga kita hanya mengingat sesuatu yang harusnya diingat dan melupakan sesuatu yang harus dilupakan (baper mode : on).

Artikel yang dibaca sebelum menulis :
~ http://doktersehat.com/lethologica-kondisi-dimana-otak-sulit-mengingat-kata-kata/

~http://doktersehat.com/lethologica-kondisi-dimana-otak-sulit-mengingat-kata-kata/

~http://nationalgeographic.co.id/berita/2016/02/lethologica-istilah-ketika-kita-kesulitan-mengingat-kata

7 thoughts on “Lethologica, sulitnya mengingat kata

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *