Resep Barongko Gula Merah

Tiba-tiba saya ngidam mau makan barongko. Mau banget. Tapi sebenarnya menemukan salah satu kue basah bugis ini akan lebih mudah di bulan ramadhan. Yup, Berbagai makanan khas Bugis maupun Makassar akan lebih mudah ditemukan di bulan ramadhan. Barongko adalah salah satu makanan khusus yang disajikan saat acara resepsi seperti pernikahan, khitanan atau acara gotong royong lainnya. Jadi, wajar saja jika agak sulit menemukan kue satu ini.

Barongko sebenarnya berwarna putih. Dibuat dari campuran pisang, telur dan santan. Namun, kali ini saya dan Ibu sepakat membuat barongko gula merah yang nantinya hasilnya akan berwarna kecokelatan. Ibu membantu menyiapkan bahan dan mengingatkan kembali cara membuatnya. Maklumlah, lama hidup di Makassar bukannya membuat saya mandiri malah kehilangan ilmu masak memasak. Nah, jadi ini dia resep sederhana membuat barongko gula merah.

Bahan-bahan :

#Daun pisang muda yang dikeringkan hingga lemas (Iya lemas 😂😂)
#2 sisir pisang
#3 butir telur
#1 gula merah
#1 biji kelapa yang akan dibuat santan
#vanili secukupnya
# air secukupnya
#garam secukupnya

Daun pisang yang sudah lemas dibentuk dengan ukuran kira-kira 30×15 cm. Pisang yang digunakan adalah jenis pisang yang biasa diolah jadi pisang goreng (lupa nama pisangnya haha) tapi tingkat kematangannya agak lebih matang atau lembek. Pisang tersebut dikupas, diiris diambil bagian luarnya saja yang halus. Serat pisang bagian tengah tidak digunakan. gula merah dilelehkan, dimasak sampai mencair.

Wadah barongko

Bagian yang paling saya tidak suka adalah harus memarut kelapa. Kata Ibu, kalau kelapa cuma sebutir begini lebih baik di parut sendiri, pegeeel. Pisang yang tadi sudah dipisahkan dari serat tengahnya dihancurkan dengan cara diblender. Nah kebetulan blender di rumah lagi rusak jadi dihancurkan dengan cara tradisional yaitu di remas pakai gelas kaca di atas baskom menggunakan tangan, pegeeel.

Cara Membuatnya :
Pisang yang sudah dihaluskan dicampur dengan 3 butir telur lalu diaduk. Masukkan cairan gula merah secara perlahan sambil diaduk. Kelapa yang sudah disantan dimasukkan sambil diaduk juga. Masukkan vanili dan garam secukupnya. Aduk merata sambil menakar adonannya sudah encer atau masih keras. Adonan barongko gula merah di tahap ini akan terlihat seperti bubur kacang ijo. Kalau membuat barongko dengan warna putih, gula merah diganti menjadi gula pasir.

Setelah adonan sudah siap, masukkan adonan ke dalam wadah pisang yang sudah dibentuk. Adonan dimasukkan menggunakan cangkir dan diisi hanya setengah bagian karena akan mengembang saat dikukus. Setelah semua wadah pisang sudah diisi, barongko siap untuk dikukus selama kurang lebih 30 menit. Daaan, jadi deh.

Barongko Gula Merah

Barongko gula merah ini rasanya manis gula merah yang khas. Saya merasa barongko gula merah lebih legit dan lebih enak rasa manisnya dibandingkan barongko biasa. Barongko ini paling enak disajikan dalam keadaan dingin. Air gula akan lumer dari sisi barongko. Tapi tenang saja, meskipum dibuat dari campuran gula pasir atau gula merah, rasa manisnya tidak akan membuat enek namun justru bikin nagih. Selamat mencoba di Rumah.

4 thoughts on “Resep Barongko Gula Merah

  1. Rajinnya Tarii 😀 btw, sepertinya saya sudah bisa bayangkan rasanya barongko gula merah ini..tapi kapan2 harus cobain langsung, hihi..thx resepnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *