Semarang Night Carnival 2017

Semarang pada kunjungan pertama saya fix membuat jatuh hati. Sebagai orang yang suka wisata kota, Semarang adalah salah satu kota yang cocok untuk saya. Beruntungnya, saya dan teman-teman Famtrip blogger 2017 berkunjung ke Semarang pada bulan mei. Ada apa di bulan mei? Menurut calendar of events 2017 kota Semarang, ada 6 event yang akan dihelat di kota ini pada bulan mei. Kedatangan kami yang hanya berdurasi 3 hari ternyata bertepatan dengan salah satu kegiatan tahunan sekaligus event yang ditunggu-tunggu oleh masyarakat yakni Semarang Night Carnival 2017.

Semarang Night Carnival yang ditunggu-tunggu

Semarang Night Carnival (SNC) 2017 merupakan salah satu rangkaian perayaan hari ulang tahun kota Semarang ke 470. Semarang Night Carnival sebagai karnaval nasional kementrian pariwisata RI merupakan agenda tahunan kota Semarang dengan tema yang berbeda setiap tahunnya. SNC 2017 dihelat pada 6 mei 2017 dengan tema “Paras Semarang”. Sesuai dengan tema yang diambil, SNC 2017 ingin menampilkan wajah semarang melalui 4 kearifan lokal yang ditampilkan oleh peserta lomba. Oh iya, event ini mengajak pelajar untuk berkreatifitas melalui lomba parade kostum yang diselenggarakan oleh panitia. Lomba ini mengikut pada tema 4 kearifan lokal yaitu burung blekok, kembang sepatu, lampion, dan kuliner.

Sambutan Walikota Semarang

Acara dimulai pukul 19.00 wita. Kemeriahan SNC 2017 ini bisa dilihat dari animo masyarakat yang datang memenuhi Titik nol KM. Saya dan rombongan Famtrip Blogger 2017 langsung mengambil tempat di sisi kanan panggung. Acara dimulai dengan penampilan drumband dan dibuka oleh walikota Semarang, H. Hendrar Prihadi, SE. MM. Acara berjalan semakin meriah ketika peserta karnaval parade kostum mulai tampil. Mereka berjalan di atas karpet merah dengan sorot kamera sana sini oleh masyarakat yang hadir. MC acara menjelaskan tema parade kostum, peserta dan rute parade ini. Wait, WHAT? Saya mendengar MC menyebutkan bobot kostum yang digunakan peserta parade beratnya hingga 15kg. Saya melotot kagum dan merasa hanya remah-remah bulu kostum peserta. Mereka ini benar-benar keren, dengan kostum ribet dan berat seperti itu berjalan dengan jarak 1,3 km demi menyemarakkan Semarang Night Carnival 2017.

Drumband
Parade kostum

Event tahunan kota Semarang ini diikuti oleh 186 peserta parade kostum. Dengan kreatifitas dan semangat menyemarakkan HUT kota Semarang mereka mendesain kostum yang membuat saya geleng-geleng sepanjang parade gilaaa.. keren-keren banget sih mereka ini . Saya paling suka kostum defile kuliner, benar-benar di luar dugaan ide mereka semua. Selain parade peserta lomba, adapula parade kostum dari Sumatera dan negara-negara asia lainnya.

Saya jadi merasa beruntung bisa hadir di peringatan HUT kota Semarang dan menyaksikan parade keren ini. Mereka-mereka ini para peserta lomba sangat bikin salut, hadiah lomba mungkin tidak seberapa. Malah justru biaya untuk membuat kostumnya jauh lebih mahal. Bukan hanya membuat kostum, mereka juga memakai kostum seberat itu, lantas menunggu berjam-jam sampai parade dimulai hingga berjalan kaki sejauh sekiloan mereka tempuh. Demi menyemarakkan event tahunan memperingati hari lahir kota kebanggan, Semarang.

Salam Semarang 🙂

Peserta Famtrip Blogger 2017, Salam Semarang.

11 thoughts on “Semarang Night Carnival 2017

  1. Sudah lama tidak lihat parade kostum.. Semoga di kota makassar bisa terselenggara kegiatan yg sama 🙂

  2. Dari karnival ini jd belajar yah gimana menghargai budaya daerah sendiri dan ikut meramaikan.

    Itu kostum yg parade ribet banget buatnya. Salut, moga tahun depan mereka tetap eksis.

    1. Iyaaa banget.. Musti berdesakan, naik ke kursi segala macam. Penuh perjuangan kayak lagi perjuangin hubungan~~

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *